Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Biaya Pendidikan Prodi Kedokteran UPI, Prakiraan Cuaca BMKG

Berita250 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Rektor Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI Bandung M. Solehuddin menetapkan biaya pendidikan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri program studi kedokteran Fakultas Kedokteran tahun akademik 2023/2024. Total besaran biayanya Rp 203 juta. 

Berita populer selanjutnya tentang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jumat, 11 Agustus 2023, dengan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan dan angin kencang.

Selain itu, sebanyak 21.409 mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dilepas dan akan mulai melaksanakan progamnya di 4.000 sekolah yang tersebar di 34 provinsi. Mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia itu akan bertugas sebagai mitra guru untuk mendorong peningkatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi di sekolah sasaran.

1. Rektor UPI Tetapkan Biaya Pendidikan Prodi Kedokteran, Berikut Rinciannya

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI Bandung M. Solehuddin menetapkan biaya pendidikan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri program studi kedokteran Fakultas Kedokteran tahun akademik 2023/2024. Total besaran biayanya Rp 203 juta.

“Biaya pendidikan dibayarkan langsung secara keseluruhan oleh mahasiswa yang bersangkutan pada saat registrasi semester pertama,” kata dia lewat Surat Keputusan Rektor yang diperoleh Tempo, Jumat, 11 Agustus 2023.  

Rinciannya, biaya registrasi Rp 1,5 juta, sementara biaya penyelenggaran pendidikan Rp 19 juta. Kemudian biaya pengembangan fasilitas dan mutu akademik Rp 7,5 juta. Biaya paling besar, yaitu dana pengembangan lembaga yang dipatok Rp 175 juta, hingga total berjumlah Rp 203 juta. 

Dalam surat Keputusan Rektor UPI nomor 1381/UN40/KU.00.00/2023 tentang biaya pendidikan mahasiswa kedokteran itu juga disebutkan, biaya pendidikan pada semester berikutnya hanya membayar biaya penyelenggaraan pembelajaran.   

Baca Juga  Jakarta Kembali ke Normalisasi Ciliwung, Apa Kata Warga Terdampak di Bibir Sungai?

2. Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan dan Angin Kencang di Beberapa Wilayah, Aceh Siaga

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jumat, 11 Agustus 2023, dengan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan dan angin kencang.

Iklan

“Hujan disertai petir pada hari Jumat  diperkirakan terjadi di Medan. Hujan intensitas ringan kemungkinan terjadi di Samarinda, Tarakan, Ambon, Jayapura dan Manokwari,” ungkap data BMKG. Sementara prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status siaga di Aceh. 

Adapun wilayah yang berpotensi angin kencang di Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku Utara dan Maluku.

BMKG memantau adanya daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga barat daya Banten, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Selat Makassar hingga Laut Sulawesi. Juga dari Laut Maluku hingga Laut Sulawesi, dari Laut Halmahera hingga Laut Filipina, dan di Samudra Pasifik utara Papua. 

3. Pesan Nadiem Makarim untuk Peserta Kampus Mengajar Angkatan 6: Ambil Pelajaran Sebanyaknya

Sebanyak 21.409 mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dilepas dan akan mulai melaksanakan progamnya di 4.000 sekolah yang tersebar di 34 provinsi. Mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia itu akan bertugas sebagai mitra guru untuk mendorong peningkatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi di sekolah sasaran.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan Kampus Mengajar merupakan salah satu program unggulan MBKM telah berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di jenjang SD dan SMP. “Perjalanan panjang MBKM telah membuktikan bahwa dalam menghadirkan kemerdekaan dalam belajar, mahasiswa tergerak untuk berkreasi dan berinovasi sebagai persiapan mengarungi lautan luas setelah lulus dari perguruan tinggi. Dan juga untuk memberikan kontribusi bagi sesama,” kata dia dalam keterangannya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Baca Juga  Tampil di World Tour Series, Timnas Teqball Indonesia Raih Pelajaran Berharga

Selama masa penugasan, mahasiswa akan berkolaborasi secara aktif dalam menyusun strategi pembelajaran literasi dan numerasi, melakukan pendampingan dalam pemanfaatan dan pengelolaan buku bacaan bermutu serta membantu guru dan tenaga kependidikan dalam mengakselerasi adaptasi teknologi yang akan membantu proses belajar mengajar. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *