Soal Cawapres Anies Baswedan, Sudirman Said Sambut Baik Pernyataan Yenny Wahid

Berita240 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Anggota Tim 8 Anies Baswedan, Sudirman Said, menyambut gembira pernyataan Yenny Wahid yang menyatakan siap menjadi calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia pun menyebut sejumlah nama lainnya yang berpotensi menjadi cawapres Anies.

Sudirman menyatakan pernyataan Yenny Wahid sebagai sinyal bahwa semakin banyak tokoh yang ingin bergabung dalam barisan Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi ini terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sebelumnya telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies untuk maju pada Pilpres 2024. 

“Kami bersyukur semakin banyak tokoh yang membuka diri, bersedia mempertimbangkan untuk menjadi pasangan Pak Anies. Ini suatu kemajuan, karena keberanian untuk bersama dalam barisan perubahan sudah mulai muncul,” kata Sudirman dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Selasa, 8 Agustus 2023.  

Selain Yenny Wahid, Sudirman juga menyebut nama eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga berpotensi bergabung dalam Koalisi Perubahan.

Menurut Sudirman, munculnya nama-nama besar tersebut menandakan Anies semakin dipercaya sebagai figur yang memberi harapan perbaikan ke depan. Namun, Sudirman menyebut pada akhirnya hanya akan ada satu nama yang dipilih Anies sebagai cawapres. 

Oleh sebab itu, ia mengajak tokoh-tokoh yang telah disebutkan namanya itu berkenan bergabung Koalisi Perubahan untuk memperkuat barisan. Apalagi, Sudirman menganggap mereka merupakan tokoh yang dipercaya rakyat. Selain itu, Sudirman menyatakan masih menunggu momen untuk mengumumkan cawapres pendamping Anies.  

“Kami sedang menunggu momentum terbaik untuk mengumumkannya,” kata Sudirman. 

Undang sebanyak mungkin figur politik

Sudirman mengatakan pihaknya mengundang sebanyak mungkin figur terpercaya untuk bergabung memperkuat Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Menurut dia, ada banyak tugas yang harus diurus oleh tokoh-tokoh kredibel bila nanti Anies Baswedan terpilih dalam Pilpres 2024

Baca Juga  Anak Kecanduan Merokok, Dampak Buruknya sampai Dewasa

Iklan

“Pekerjaan rumah meluruskan kembali jalannya negara, mewujudkan keadilan sosial, menegakkan hukum, menanggulangi korupsi yang kian marak; memerlukan banyak sekali pemimpin kredibel,” kata Sudirman. 

Sebelumnya, Yenny Wahid mengaku punya kedekatan dengan tiga kandidat capres yang dinilai akan maju pada Pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ia menyatakan keran komunikasi dengan tiga kandidat capres itu telah dibuka. 

Baca selengkapnya: Yenny Wahid Akui Siap Jadi Cawapres: Dekat Dengan Anies, Ganjar, dan Prabowo

Nama Susi Pudjiastuti sempat mencuat sebagai pendamping Anies setelah keduanya bertemu beberapa waktu lalu. Anies sempat menyambangi kediaman Susi di Pangandaran, Jawa Barat. Anies pun sempat membagikan fotonya bersama pemilik maskapai Susi Air itu di media sosial.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah disebut menjadi salah satu kandidat cawapres potensial yang diincar Anies Baswedan sejak awal. Meskipun demikian, Khofifah belum memberikan jawaban secara eksplisit apakah dia akan bersedia mendampingi Anies.  

M JULNIS FIRMANSYAH 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *