Sarapan Jadi Salah Satu Kunci Penting Mencegah Anak Stunting

Berita300 Dilihat

Rabu, 2 Agustus 2023 – 23:24 WIB

VIVA Lifestyle – Sarapan seringkali terlupakan dan belum menjadi kebiasaan bagi anak-anak Indonesia. Padahal sarapan sangat penting sebagai bekal energi tubuh untuk beraktivitas seharian sehingga memerlukan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Baca Juga :

Aksi Kombes Iqbal dan Anak Buah Tekan Angka Stunting di Aceh

Seringkali anak-anak tergesa-gesa untuk segera beraktivitas atau pergi ke sekolah sehingga tidak sempat sarapan untuk memenuhi kebutuhan gizinya, termasuk energi. Apabila kebutuhan energi saat sarapan tidak terpenuhi akan berdampak pada fungsi memori anak terhadap pelajaran di sekolah.

Baca Juga :

Demi Dapat Santunan, Ayah Tiri Tega Habisi Nyawa Putra Sambungnya

Biasanya anak kurang bisa berkonsentrasi saat belajar karena otaknya tidak mendapatkan cukup energi. Selain itu, akan mempengaruhi pertumbuhan dan status gizi anak.

Data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020 menunjukkan dari 25.000 anak usia 6-12 tahun di 34 provinsi terdapat 47,7 persen anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan.

Baca Juga :

Banyak Anak Pejabat Terlibat Kasus Kekerasan, Psikolog Ungkap Alasannya

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak.

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak.

Bahkan, 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizinya terutama asupan vitamin dan mineral.

Halaman Selanjutnya

Menyadari kebutuhan orang akan menu sarapan yang cepat dan bergizi, kini banyak produk makanan instan yang bisa menolong para orang tua yang sibuk namun tetap ingin memastikan sang buah hati mendapatkan sarapan yang ideal setiap harinya.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Gaya Artis di Launching Brand Fashion Shireen Sungkar, dari Irish Bella hingga Zaskia Adya Mecca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *