Pihak-pihak yang Meragukan Efektivitas 4 in 1 untuk Atasi Polusi Udara Jakarta

Berita212 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya melontarkan rencana pemberlakuan kebijakan 4 in 1 usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara tentang polusi udara di Jabodetabek. 

“Utilitas kendaraan ini banyak yang menggunakan satu orang atau maksimal dua orang, maka dipertimbangkan untuk membuat 3 in 1 itu jadi 4 in 1. Jadi katakan lah yang dari Bekasi, Tangerang, Depok, mereka bersama ke kantor gantian mobilnya, sehingga jumlahnya menurun,” kata Budi Karya di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 14 Agustus 2023.

Sistem 3 in 1 yang sempat masif diterapkan di Jakarta pada beberapa tahun lalu merupakan sistem pembatasan mobil dengan kriteria mobil diizinkan melintas di kawasan tertentu jika digunakan minimal oleh tiga orang dalam waktu yang bersamaan.

Namun, rencana ini diragukan efektivitasnya oleh sejumlah pihak. Berikut beritanya dihimpun Tempo.

MTI: tak efektif jika tak ada penambahan moda transportasi

Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan sistem 4 in 1 tidak efektif jika tidak dilakukan penambahan moda transportasi di wilayah Bodetabek. “Jadi di transportasi itu ada istilah transport human management ada namanya push and pull strategy,”  kata Djoko pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Joko mengatakan seharusnya pemerintah melakukan penambahan transportasi umum di Bodetabek agar pekerja bisa menggunakan kendaraan umum menuju tempat kerjanya di Jakarta. 

“Ada anggarannya, cuma alokasinya itu tidak tepat sasaran. Itu masalahnya,” ucapnya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Boleh Girang! Pecinta Belanja Online Kini Makin Dimanjakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *