KPU Tetapkan 9.925 Daftar Calon Sementara Bacaleg DPR RI

Berita231 Dilihat

Jumat, 18 Agustus 2023 – 19:48 WIB

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menetapkan sebanyak 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI. Jumlah tersebut merupakan bacaleg dalam daftar calon sementara (DCS).

Baca Juga :

MK Perkuat Larangan Kampanye di Tempat Ibadah, KPU Segera Revisi PKPU

Anggota KPU, Idham Holik menegaskan dari 10.323 orang total bacaleg yang diajukan, hanya 127 orang di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Angka tersebut merupakan bacaleg dari seluruh parpol peserta Pemilu 2024.

“Dari 10.185 orang ini yang memenuhi syarat hanya 9.925 orang caleg,” kata Idham Holik saat konferensi pers, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Agustus 2023.

Baca Juga :

Tahun 2024 Anggaran Belanja Pendidikan Naik, DPR Tegaskan Pengangkatan Guru Honorer Harus Tuntas

Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI

Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI

Idham menjelaskan, dari seluruh bacaleg itu, sembilan orang di antaranya merupakan penyandang disabilitas. Mereka merupakan bacaleg dari PPP, Golkar, Nasdem, PKS, PBB, Perindo, dan PSI.

Baca Juga :

Pengungkapan Keberadaan UFO Nyaris Gagal

“Total disabilitas itu sebanyak sembilan orang disabilitas. Satu disabilitas sensorik rungu, satu netra, tujuh disabilitas fisik. Ini yang tersebar tiga orang di PPP, satu orang di Partai Golkar, satu di Partai Nasdem, satu di PKS, satu di PBB, satu Partai Perindo, satu di PSI,” ujarnya.

Sementara itu, bacaleg di tahapan DCS berdasarkan kategori usia, terbanyak berusia 41 sampai 50 tahun, yakni dengan jumlah 2.743 calon. Kemudian kategori usia bacaleg dengan jumlah terendah, yakni lebih dari 60 tahun dengan 1.237 calon.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *