Jokowi Kumpulkan Menteri Untuk Zikir Bersama, Ada Apa?

Berita246 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Presiden Jokowi menggelar acara Zikir dan Doa Kebangsaan 78 Tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Selasa malam, 1 Agustus 2023. Nyaris seluruh menteri di Kabinet Indonesia Maju hadir.

Acara tersebut untuk mengawali rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dari informasi yang Tempo terima, sejumlah menteri dipastikan hadir, antara lain: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. 

Kemudian Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi A. Halim Iskandar, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Selain itu tampak Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut hadir dalam acara itu. 

Dari pantauan Tempo di lokasi, turut pula sejumlah masyarakat dan santri dari berbagai pondok pesantren. Mereka nampak mengenakan baju koko putih dan berkumpul di halaman Istana Merdeka. 

Rangkaian acara menyambut HUT RI ke-78

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg), Setya Utama menjelaskan acara zikir bersama ini rutin diadakan setiap menjelang 17 Agustus. 

“Seperti sebagaimana biasa, agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus,” ujar Setya.

Setelah Zikir, agenda selanjutnya adalah Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan yang akan dilaksanakan pada 14 Agustus dilanjutkan dengan Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada 15 Agustus.

Iklan

Kemudian pada 16 Agustus Presiden Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024. Rangkaian acara ini akan bertempat di Komplek Parlemen, Senayan.

Baca Juga  Tips Menjadi Cepat Kaya Di Ambon Terupdate

Kemudian pada 17 Agustus dini hari akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang dilanjutkan dengan acara inti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore hari.

“Untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera di Istana akan dilaksanakan sepenuhnya secara luring atau fisik. Jadi ini kembali sebagaimana sebelum pandemi,” ujar Setya.

Setya menambahkan, masyarakat akan kembali mendapatkan kesempatan untuk mengikuti upacara HUT RI ke-78 tersebut secara langsung.

“Masyarakat diharapkan dapat hadir untuk mengikuti upacara tersebut secara luring dan dipersilakan untuk mendaftarkan diri melalui sistem aplikasi Pandang Istana,” kata dia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *