Impor KRL Baru dari Jepang, KCI: Target Tahun Depan Sampai di Indonesia

Berita156 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba menjelaskan soal rencana impor tiga trainset KRL baru dari Jepang. Dia tidak menjelaskan detail soal rencana tersebut, hanya saja trainset itu ditargetkan akan tiba di Indonesia pada 2024.

“Ya pasti, kalau mau datang, pasti dikasih tahu. Soalnya kontraknya harus jelas tanggalnya dulu, baru dikasih tahu,” ujar Anne di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat, pada Jumat, 18 Agustus 2023.

KCI bersama beberapa stakeholder sudah melakukan rapat membahas mengenai kebutuhan sarana KRL tersebut pada Rabu, 21 Juni 2023. Rapat tersebut melibatkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Perindustrian. 

Pihak lainnya terlibat adalah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Industri Kereta Api. Rapat itu dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Anne mengatakan pihaknya menyampaikann terima kasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung proses pengadaan sarana kereta baru. “Khususnya untuk memenuhi kebutuhan operasional lima tahun ke depan. Kebutuhan ini juga sebagai penambahan kapasitas angkut pengguna dan sebagai replacement kereta yang dikonservasi,” ujar dia lewat keterangan tertulis pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Menurut Anne, KCI terus meningkatkan keandalan sarana KRL untuk pelayanan kepada penggunanya. Mulai dari proses perawatan rutin hingga penambahan armada sarana. Perushaan juga terus melakukan upaya-upaya dalam memenuhi kebutuhan sarana kereta baru guna mengakomodir pengguna yang saat ini sudah di angka 850 ribu per hari.

“Dengan volume tertinggi pada tahun ini adalah 975 ribu dan akan terus bertambah,” ucap dia.

Baca Juga  Sarapan Jadi Salah Satu Kunci Penting Mencegah Anak Stunting

Saat ini KCI sudah bekerja sama dengan INKA untuk pengadaan 16 trainset sarana KRL baru dalam rangka penambahan kapasitas yang akan dikirimkan secara bertahap pada tahun 2025-2026. Sementara untuk replacement dengan adanya rencana konservasi dilakukan pengadaan sarana KRL baru di tahun 2024 sebanyak 3 trainset.

Selain itu retrofit 19 sarana KRL yang dimulai tahun ini dan mendatangkan 8 sarana KRL baru pada tahun 2027. “Dengan demikian total 24 trainset baru akan didatangkan dari PT INKA sampai 2027. Ini adalah bentuk dukungan KCI untuk produksi KRL dalam negeri, yang pastinya akan tumbuh terus”, kata dia.

Selanjutnya: Dalam proses pengadaan sarana KRL …



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *