HUT RI ke-78, Asap dan Hujan Lebat Selimuti Berbagai Wilayah Ini

Berita103 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Pada ini hari Kamis, 17 Agustus 2023, tepat pada HUT RI ke-78, hujan lebat diperkirakan terjadi di Jambi dan Medan. Hujan  intensitas sedang kemungkinan terjadi di Denpasar, Tarakan dan Padang. Dan hujan intensitas ringan di Gorontalo,  Tanjung Pinang dan Manokwari.

“Ibukota provinsi yang perkirakan diselimuti asap di Pontianak dan Banjarmasin,” demikian dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Adapun di wilayah Jambi berkabut.

Suhu udara berkisar antara  18-34 °C dengan suhu terendah di Bandung. Sedangkan, suhu tertinggi di Serang, Pontianak, Banjarmasin dan Manado.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. Sedangkan, wilayah yang berpotensi angin kencang di Banten dan Sulawesi Barat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 17-18 Agustus 2023. “Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara – selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot,” demikian bunyi rilis tersebut.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur – tenggara dengan kecepatan 8 – 30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, Laut Jawa dan Selat Makassar bagian selatan.

Iklan

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 2.5 – 4 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue – Kep.Nias – Kep. Mentawai, Samudra Hindia barat Aceh – Nias, Selat Sunda bagian utara, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan Bali – Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Bali – NTT dan Selat Sumba bagian barat.

Baca Juga  Jadwal Sbmptn Di Kota Yogyakarta Terupdate

Untuk gelombang di kisaran sangat tinggi 4 – 6 meter berpeluang terjadi di perairan barat Lampung, perairan Bengkulu – Kep. Enggano, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai – Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten – Jawa Timur dan Samudra Hindia selatan Jawa.

 Pilihan Editor: Cerita Pelajar Papua Selatan Jadi Paskibraka, 5 Hari Naik Kapal demi Ikut Seleksi

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *