COVID-19 Varian Eris yang Buat Lonjakan Kasus di Inggris Sudah Masuk ke Indonesia, Bahaya?

Berita191 Dilihat

Minggu, 13 Agustus 2023 – 13:09 WIB

JAKARTA – Belakangan ini COVID-19 varian EG.5 atau Eris diketahui menjadi penyebab lonjakan kasus COVID-19. Hingga 27 Juli lalu terjadi dilaporkan terjadi peningkatan kasus di Inggris hingga 200 ribu kasus.

Baca Juga :

WHO Laporkan 40 Persen Penduduk Sudan Alami Kelaparan

Namun varian yang telah diklasifikasikan sebagai varian of interest oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan ini, ternyata sudah terdeteksi di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan pada Rabu 9 Agustus kemarin. Diungkap Menkes bahwa varian tersebut sudah masuk ke Indonesia beberapa bulan lalu. Scroll lebih lanjut ya.

“Varian baru tersebut memang sudah ada di Indonesia, sudah dari dua bulan lalu,” kata Menkes.

Baca Juga :

Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan

Meski demikian Budi tetap menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu khawatir terkait varian baru dari virus COVID-19 itu.

Baca Juga :

Kasus COVID-19 Melonjak 55 Persen di New York

“Iya enggak perlu khawatir,” ucapnya.

Namun seberapa perlu kita waspada terhadap varian Eris ini yang sudah diklasifikasikan sebagai varian of interest oleh WHO? Melansir laman New York Times, bagi orang dengan komorbid, lansia varian ini tetap harus diwaspadai. Namun di sisi lain, ahli mengatakan bahwa varian Eris ini tidak menimbulkan ancaman besar.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *