Begini Kata PDIP, NasDem, Demokrat, PPP, dan PKS Setelah PAN dan Golkar Dukung Prabowo Subianto

Berita113 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Bakal calon presiden atau bacapres Prabowo Subianto mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional atau PAN dan Partai Golkar untuk maju di Pilpres 2024. Dukungan dideklarasikan di Gedung Naskah Proklamasi, Ahad, 13 Agustus 2023. Hadir dalam agenda Ketua Umum atau Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, serta Prabowo.

“Dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT, melalui pertimbangan yang matang DPP PAN telah memutuskan untuk memberi dukungan capres 2024-2029 kepada Letjen Prabowo Subianto,” kata Zulkifli Hasan atau Zulhas dalam deklarasi.

Zulhas mengatakan, PAN mendukung Prabowo karena sudah 10 tahun bersama dengan Ketua Umum Partai Gerindra itu. Ia berharap bersama PKB, Golkar, dan PAN, dan partai lainnya bisa menuntaskan perjuangan pada Pilpres 2024. Sementara itu, Airlangga mengungkap alasan partainya memilih Prabowo. Salah satunya soal kepemimpinan yang kuat agar Indonesia bisa lepas dari middle income trap dan menjadi negara maju.

Lantas bagaimana tanggapan partai-partai lainnya?

1. PDIP

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Said Abdullah merespons deklarasi Golkar dan PAN yang memberi dukungan kepada Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Said mengatakan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu sangat menghormati kedaulatan setiap partai politik.

“Ini mencerminkan tumbuhnya demokrasi dengan baik,” ujar Said dalam keterangan tertulis di Bandung, Ahad.

2. Partai NasDem

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyatakan partainya tidak akan terpengaruh dengan bergabungnya Partai Golkar dan PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai bacapres di Pilpres 2024. Menurut Ahmad Ali, itu wajar dalam setiap proses demokrasi.

Baca Juga  Di Depan Sri Mulyani, Gubernur Lampung Minta Tambahan Dana KUR

“Pertama selamat dong kepada Pak Prabowo yang hari ini mendapatkan tambahan “protein” untuk maju sebagai capres tentunya,” kata Ahmad Ali ketika ditemui awak media di Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Ahad, 13 Agustus 2023.

3. PKS

Iklan

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy menghormati pilihan PAN, PKB dan Golkar yang mendukung Prabowo Subianto sebagai capres untuk untuk Pilpres 2024. Menurut Aboe, bergabungnya PAN dan Golkar serta PKB bersama Gerindra mengusung Prabowo membuat peta Pilpres menjadi jelas dengan diikuti oleh tiga calon. Hal itu dinilainya sebagai jumlah yang ideal.

“Berlabuhnya Partai Golkar dan PAN ke koalisi Prabowo akan membuat peta Pilpres makin jelas. Dengan demikian dapat disimpulkan hanya akan ada tiga Bacapres pada Pemilu 2024 nanti,” ujarnya lewat rilis, Ahad.

4. PPP

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP memastikan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB otomatis bubar setelah Partai Golkar dan PAN mendukung Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres 2024. Nasib KIB digagas Golkar, PAN, dan PPP sebelumnya tidak jelas setelah PPP mendukung Ganjar Pranowo.

“Dengan adanya dukungan resmi PAN dan PG ke pak Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah ‘peresmian’ bubarnya KIB alias goodbye KIB!” ujar Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy dalam keterangannya, Ahad.

5. Partai Demokrat

Partai Demokrat memberikan tanggapan mengenai keputusan PAN dan Partai Golkar mendukung Prabowo Subianto. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, partainya menghormati sikap politik dari setiap partai dalam mengambil dan menentukan arah dan dukungan politiknya terkait Pilpres 2024 mendatang.

“Termasuk sikap dan arah dukungan politik Partai Amanat Nasional dan Partai Golkar,” kata Kamhar dalam rilis, Ahad lalu.

Baca Juga  Kochie video twitter

HENDRIK KHOIRUL MUHID  I  SEPTIA  RYANTHIE

Pilihan Editor: Persentase Presidential Threshold Parpol Pendukung Prabowo Setelah Didukung PAN dan Golkar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *