Anak Rentan Sakit karena Polusi Udara Jakarta, KPAI Dukung Pembelajaran Jarak Jauh

Berita229 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Sebagai imbas dari tingginya polusi udara Jakarta, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendukung wacana Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Hal ini mengingat anak-anak sebagai kelompok yang kesehatannya paling rentan.

“Saya kira seruan banyak orang agar orang dewasa WFH sangat baik, begitu juga bagi anak-anak sambil menunggu udara normal kembali,” kata Wakil Ketua KPAI Jasra Putra.

Jasra menilai penerapan sistem PJJ penting mengingat kondisi fisik anak-anak tidak sekuat orang dewasa. “Bila mengalami sakit, tidak mudah bagi mereka untuk mendeskripsikan atau menjelaskannya. Kebutuhan bermainnya kadang mengalahkan apa yang dirasanya,” kata dia.

Padahal, Jasra menegaskan mereka butuh diselamatkan dari polusi udara ekstrem dan suhu tinggi di Jakarta. Hak kesehatan anak penting diupayakan sejak dini, sesuai dengan cita-cita Undang-Undang Kesehatan terbaru agar anak-anak memiliki modal kesehatan yang tinggi sejak dalam kandungan.

Di sisi lain, Indonesia juga sudah memiliki pengalaman melaksanakan PJJ saat pandemi Covid-19 lalu. “Sekolah pun sudah menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar yang mengatur belajar bisa di sekolah dan di luar sekolah, sehingga lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata Jasra.

Iklan

KPAI pun berharap sekolah-sekolah dapat berpartisipasi aktif dalam mengurangi dampak polusi terhadap kesehatan anak-anak. “Kondisinya sekarang suhu dan polusi udara tinggi, sehingga masing-masing sekolah punya peran mengurangi dampak bencana, ikut aktif menyelamatkan anak-anak dan lingkungan,” kata Jasra.

Menurut Jasra, segala upaya untuk mengurangi polusi udara yang berbahaya ini perlu dilakukan, termasuk upaya menurunkan angka prevalensi perokok anak. “Sehingga anak benar-benar terbebas dari polusi udara sekitar,” ujarnya.

Adapun wacana PJJ ditambah work from home untuk ASN muncul untuk pelaksanaan KTT ASEAN pada September mendatang. Sejumlah pihak menilai WFH atau PJJ juga bisa mengurangi polusi udara di Jakarta karena berkurangnya mobilitas kendaraan di ibu kota. Asap kendaraan diketahui menjadi salah satu penyebab tingginya polusi di ibu kota.

Baca Juga  Jadwal Pns Di Kota Jayapura Terupdate

Pilihan Editor: KTT ASEAN 2023 di Jakarta, Pembelajaran Jarak Jauh Akan Diterapkan di Sekolah Sekitar Venue



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *