4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Psoriasis

Berita252 Dilihat

Losergeek.org, Jakarta – Dengan psoriasis, penting untuk menghindari makanan yang dapat memicu peradangan. Peradangan dan respons sistem kekebalan dapat menyebabkan gejolak. 

Ketika Anda menderita psoriasis, mengurangi pemicu adalah bagian penting dalam mengelola kondisi Anda dan menghindari kekambuhan. Psoriasis dapat disebabkan oleh berbagai pemicu. Pemicu ini mungkin termasuk cuaca buruk, stres berlebih, dan makanan tertentu.

Makanan Olahan Tinggi 

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa makanan, terutama makanan olahan tinggi, membuat mekanisme pertahanan tubuh bekerja lebih keras. 

Secara umum, National Psoriasis Foundation (NPF) merekomendasikan makan makanan anti-inflamasi, kaya buah dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan lemak sehat. Membatasi makanan yang meningkatkan peradangan baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membantu Anda mengelola gejala psoriasis Anda.  

Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita psoriasis, diantaranya:

1. Minuman Beralkohol

Alkohol diyakini sebagai pemicu psoriasis karena efeknya yang mengganggu pada berbagai jalur sistem kekebalan tubuh. Jika Anda menderita psoriasis, sebaiknya minum alkohol dengan sangat hemat. 

2. Daging Merah

Dikutip dari everydayhealth.com, daging merah mengandung lemak tak jenuh ganda yang disebut asam arakidonat. Jenis lemak ini dapat memperburuk gejala psoriasis karena dapat dengan mudah diubah menjadi senyawa inflamasi. Anda juga harus menghindari sosis, bacon, dan daging olahan lainnya. 

Iklan

3. Produk Susu

Penelitian menunjukkan produk susu dapat meningkatkan peradangan dan memicu gejala psoriasis. Dalam sebuah survei pada 2017, peneliti melaporkan susu sebagai salah satu pemicu psoriasis mereka.  

Seperti daging merah, produk susu juga mengandung asam arakidonat peradangan alami. Produk yang mengandung susu sapi juga mengandung kasein, protein yang sulit dicerna sebagian orang.  

Orang yang tidak toleran laktosa tidak memiliki cukup enzim laktase pencernaan. Iritasi gastrointestinal kronis akibat kondisi ini dapat memperburuk peradangan. Bagi sebagian orang, gejala psoriasis membaik saat mereka menghentikan produk susu dari pola makan mereka, dikutip dari hopkinsmedicine.org. 

Baca Juga  Elite Gerindra Datangi Markas Partai Gelora, Bahas Deklarasi Dukung Prabowo

4. Makanan yang Mengandung Gluten

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan psoriasis cenderung memiliki tingkat penyakit celiac yang lebih tinggi. Pada penderita penyakit celiac, gluten (protein dalam gandum dan beberapa biji-bijian lainnya) memicu respons autoimun yang menyebabkan tubuh menyerang jaringan di usus kecil.  

Bagi orang dengan penyakit celiac, intoleransi terhadap gluten, dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan gejala psoriasis, dikutip dari Verywell Health

Pilihan editor: Ketahui Tanda-tanda Ruam Bukan Psoriasis tapi Eczema



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *